Kemenpora: Pertukaran Pemuda Indonesia-Korea 2018 Resmi di Buka

  • Senin, 15 Oktober 2018

Jakarta. Asisten Deputi Kemitraan dan Penghargaan Pemuda, Deputi Pengembangan Pemuda, Kementerian Pemuda dan Olahraga RI Wisler Manalu memberikan arahan sekaligus membuka secara resmi acara Pre-Departure Training Pertukaran Pemuda Korea-Indonesia 2018 di Hotel Ambhara Jakarta tanggal 14 Oktober 2018 dan akan berlangsung sampai tanggal 17 Oktober 2018 selanjutnya langsung diberangkatkan ke Korea.  Dalam arahannya Wisler menyampaikan bahwa program tahun ini melibatkan 18 peserta yang sudah melalui tahap seleksi dari tingkat Provinsi.

 

“Bawalah nama baik Pemuda Republik Indonesia ke Korea, dan bawalah pengetahuan dan pengalaman untuk pengembangan Pemuda Indonesia, ujar Wisler dalam sambutannya yang disambut riuh tepuk tangan para peserta dan tamu undangan.

 

Wisler Manalu menambahkan bahwa “kegiatan ini adalah bentuk atau wujud kerja sama antara pemerintah Korea dengan Indonesia yang sudah terbangun dengan baik sejak lama, oleh sebab itu para pemuda yang diberangkatkan, diharapkan dapat menjadi jembatan yang baik atas kerja sama tersebut terutama dengan pemuda Korea sendiri.

 

Hadir pula dalam kegiatan pre-departure tersebut Customs Attache, Embassy of the Republic of Korea, Mr. Baek, Hyung-Min. Dalam Sambutannya Baek menyampaikan bahwa pemerintah Korea sangat bergembira atas terus terlaksananya pengiriman Pemuda Indonesia ke Korea ini. “Diharapkan akan semakin mempererat ikatan hubungan antara Indonesia dan Korea” tutup Baek dalam sambutannya.

 

Kegiatan pertukaran tahun 2018 selama 9 hari yang dimulai pada tanggal 18-26 Oktober ini membawa tema environment. Peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari 18 Provinsi antara lain: Riau, NTT, Papua Barat, Kepulauan Riau, NTB, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, Bengkulu, Sulawesi Barat, Gorontalo, Papua, DKI Jakarta, Maluku Utara, Bali, Kalimantan Timur, Sumatera Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi Tenggara.

 

Utusan 18 Provinsi ini telah mengikuti seleksi dan akan mengikuti pembekalan terkait dengan wawasan kebangsaan serta pengetahuan-pengetahuan terkait dengan wawasan lingkungan dan pergaulan internasional terutama hubungan Indonesia-Korea, hal ini dijelaskan oleh Kepala Bidang Kemitraan Internasional, Asisten Deputi Kemitraan dan Penghargaan Pemuda Abri Eko, yang dalam hal ini juga sebagai Ketua Pelaksanaan Kegiatan Pertukaran Pemuda Indonesia-Korea 2018. (MT).