Selamat Ulang Tahun Ke-74 Republik Indonesia

Deputi Pengembangan Pemuda: Kewirausahaan Pintu Masuk Kemandirian Bangsa

  • Asdep Kewirausahaan
  • Rabu, 14 Agustus 2019

Kuliah Kewirausahaan Pemuda 2019 di Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya dibuka Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora Dr. H. M. Asrorun Ni’am Sholeh, MA pada Kamis (15/8) di Aula Yustinus lantai 15.

Kegiatan yang bekerjasama dengan Kemenpora RI dan PT Astra Internasional Tbk ini dihadiri 300 peserta lintas jurusan di Unika Atma Jaya. Pak Niam, panggilan akrabnya, dalam pembukaan dan arahannya menegaskan bahwa kewirausahaan menjadi faktor terpenting dan pintu masuk kemandirian bangsa. 

“Dua hari lagi kita memperingati HUT RI, spirit kemerdekaan adalah spirit kemandirian, seperti halnya dalam prinsip Trisakti yang diajarkan Bung Karno yaitu kedaulatan politik, mandiri secara ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan” tegas Pak Ni’am.

Dalam penjelasan lebih lanjut, Pak Ni’am menuturkan kewirausahaan tidak terfokus pada perdagangan saja, karena pada hakikatnya kewirausahaan adalah kemampuan individu untuk mengonversikan potensi yang dimiliki untuk supaya punya nilai ekonomi.

“Didukung dengan usaha untuk menggali potensi kemampuan, kreativitas, dan inovasi. Seperti halnya seorang lulusan hukum yang bisa mengonversi keahliannya dalam bidang hukum menjadi entrepreneur hukum,” tambah beliau.

Salah seorang peserta bernama Cindy Christine berkesempatan bercerita tentang usahanya kepada pak Ni’am, wirausaha muda di bidang florist ini menuturkan punya semangat mengembangkan bisnisnya lebih besar meski pernah tidak berhasil dalam usaha distribusi barang dari Korea. 

Kegiatan ini dihadiri juga Asdep Kewirausahaan Pemuda Imam Gunawan, MAP Dr. Tommy N Tanumiharja selaku Warek III Bidang Kemahasiswaan, Unika Atma Jaya, Benedicta Evinea, MM selaku Kepala Inkubator Bisnis Unika Atmajaya serta Yulika sebagai Perwakilan CSR PT Astra International Tbk. (iq)

Download File Pendukung